Friday, May 4, 2018

Mengenal jenis-jenis komedo dan cara mengatasinya

at May 04, 2018


KOMEDO
Wajah bersih dan cerah adalah impian setiap orang terutama wanita. Namun apa jadinya jika komedo menghampiri?


→Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul pada kulit karena folikel rambut yang tersumbat. Folikel rambut adalah tempat tumbuhnya rambut yang terdapat pada seluruh tubuh. Komedo adalah jenis jerawat ringan yang biasanya terbentuk pada wajah, tetapi juga dapat muncul pada punggung, dada, leher, lengan, dan bahu.
Penyebab Komedo
Komedo terbentuk ketika terjadi penyumbatan pada pembukaan folikel rambut di kulit. Setiap folikel berisi satu rambut dan kelenjar minyak. Sel kulit mati dan minyak  menyumbat tempat pembukaan  folikel kulit sehingga menghasilkan benjolan yang disebut komedo. Jika kulit diatas benjolan tetap tertutup maka benjolan akan berwarna putih. Ketika kulit diatas benjolan terbuka , paparan udara akan menyebabkan benjolan berwarna hitam.
Beberapa faktor yang menyebabkan terbentuknya komedo :
  1. Badan menghasilkan minyak berlebihan.
  2. Terjadi penumpukkan bakteri (Propionibacterium acnes) pada kulit.
  3. Terjadi iritasi pada folikel rambut ketika sel kulit mati.
  4. Perubahan hormon yang dapat meningkatkan pembentukan minyak pada wanita yang sedang mengalami masa pubertas, periode menstruasi, mengkonsumsi obat untuk program kehamilan.
  5. Mengkonsumsi obat golongan kortikosteroid atau obat yang mempengaruhi hormon.
  6. Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembap kulit atau berada dalam cuaca yang lembap.
  7. Memakai produk dengan bahan kimia tertentu, termasuk pomade (sejenis gel rambut untuk pria) yang berminyak dan beberapa cat rambut.
  8. Makanan tertentu dapat menimbulkan komedo, misalnya produk susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (kandungan gula dan lemak tinggi).
  9. Folikel rambut yang rontok karena cedera, misalnya akibat memencet jerawat, efek samping chemical peels (teknik pembersihan kulit dengan cara dikelupas menggunakan larutan kimia), atau efek samping perawatan laser.
Tanda dan Gejala Komedo
Komedo mudah dikenali pada kulit karena warnanya yang gelap dan membuat kulit terasa kasar. Komedo tidak menimbulkan rasa sakit karena tidak meradang seperti jerawat. Jerawat terbentuk ketika bakteri menyerang penyumbatan di folikel rambut sehingga menyebabkan kemerahan dan peradangan.
Jenis-Jenis Komedo
Komedo sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, mulai dari komedo putih, komedo hitam dan lain-lain. Apa itu komedo putih dan komedo hitam? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.
  1. Komedo hitam atau blackheads disebut juga komedo terbuka. Sementara komedo putih atau whiteheads merupakan komedo tertutup di mana folikel rambut tersumbat.
  2. Jenis komedo lainnya adalah mikrokomedo atau komedo sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata.
  3. Makrokomedo adalah jenis komedo lainnya yang berwarna putih dan memiliki diameter dua hingga tiga milimeter.
  4. Komedo raksasa adalah kista dan di bagian ujungnya terbuka serta memiliki warna hitam pada bagian atas.
  5. Terakhir adalah jenis komedo solar yang terdapat pada bagian pipi serta dagu. Komedo solar lebih umum ditemukan pada lansia dan terjadi karena paparan sinar matahari.
Mengenal Komedo Hitam dan Komedo Putih
Dari berbagai jenis komedo yang disebutkan di atas, komedo putih dan komedo hitam adalah yang paling umum ditemukan. Penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu komedo putih dan komedo hitam akan dipaparkan di bawah ini.
  1. Komedo putih atau whiteheads berada di dalam kulit dan tidak mengalami oksidasi. Biasanya, whiteheads ini akan menekan pori-pori wajah dan muncul ke permukaan secara otomatis. Menghilangkan whiteheads termasuk mudah. Kita bisa mengunjungi klinik kecantikan guna melakukan perawatan facial untuk menghilangkan komedo putih.
  2. Menghilangkan komedo putih juga dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kulit wajah dan secara teratur membersihkan wajah.
  3. Sementara komedo hitam atau blackheads lebih akan mengganggu penampilan karena warnanya yang hitam dan tampak jelas terlihat. Dalam blackheads terkandung pigmen melanin yang berpengaruh juga pada warna kulit, rambut serta mata. Posisi blackheads keluar dari dalam permukaan kulit dan mengalami oksidasi sehingga warnanya menghitam.
  4. Komedo hitam atau blackheads lebih sulit untuk dikeluarkan daripada komedo putih. Bentuknya juga lebih keras serta menempel pada kulit. Jumlah komedo hitam yang banyak pada kulit juga tidak terasa nyaman serta teksturnya kasar saat diraba.
  5. Komedo hitam dapat terjadi karena faktor genetik. Namun, tetap ada cara untuk mencegah komedo hitam ini. Gunakan make up yang kandungannya bebas dari minyak. Untuk pembersih wajah, pilih yang bahan dasarnya clay sehingga bisa menghilangkan komedo secara menyeluruh dari wajah.
Penanganan Komedo
  1. Pengobatan pada komedo
    Menggunakan obat bebas yang berfungsi untuk membantu menyembuhkan komedo dan jerawat dengan cara membunuh bakteri, mengurangi kelebihan minyak, dan meningkatkan pengelupasan kulit mati. Obat biasanya berbentuk cream dan gel yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, dan resorsinol.
  2. Berkonsultasi dengan dokter
    Jika penggunaan obat bebas tidak dapat menyembuhkan komedo dan jerawat maka dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih efektif.
  3. Tindakan untuk mengeluarkan komedo
    Berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk dilakukan tindakan seperti :
    Ekstraksi komedo. Tindakan mengeluarkan komedo dari kulit dengan memencet komedo dan menggunakan ekstrator untuk menghilangkan penyumbatan.
    Microdermabrasion. Tindakan menggunakan alat khusus dengan permukaan kasar seperti pasir untuk mengangkat kulit mati yang dilakukan oleh dokter. Tindakan ini berfungsi menghilangkan penyumbatan yang menyebabkan komedo.
    Chemical Peels. Tindakan ini berfungsi untuk menghilangkan penyumbatan dan mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan komedo. Tindakan ini menggunakan zat kimia yang kuat dioleskan pada kulit yang seiring waktu dapat menyebabkan pengelupasan kulit.
    Terapi penyinaran dan laser
    . Tindakan ini berfungsi untuk mengurangi pembentukan minyak, membunuh bakteri, mengobati komedo dan jerawat tanpa merusak lapisan atas kulit.
Terapi Pencegahan Komedo
  1. Mencuci wajah secara teratur
    Mencuci wajah ketika bangun tidaur dan sebelum tidur untuk menghilangkan penumpukan minyak yang dapat menyebabkan komedo. Menggunakan sabun wajah yang lembut dan tidak membuat kulit merah atau teriritasi. Beberapa produk sabun wajah mengandung bahan antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.
  2. Menggunakan produk yang tidak mengandung minyak
    Setiap produk kecantikan (make up) yang mengandung minyak dapat menyebabkan komedo. Memilih produk kecantikan yang bebas minyak untuk menghindari masalah pada kulit yang lebih buruk.
  3. Menggunakan scrub
    Menggunakan scrub dan masker yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah dapat membantu mengurangi pembentukan komedo.
  4. Mencuci rambut tiap hari. Cucilah rambut Anda tiap hari, terutama ketika rambut Anda berminyak. Minyak rambut dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori yang akhirnya mengakibatkan komedo.
  5. Menggunakan produk pengupas kulit mati. Cobalah menggunakan produk pengupas kulit seperti scrub dan masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah. Cari produk yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Sebaiknya tanyakan kepada dokter mengenai produk yang aman.
Demikian adalah uraian mengenai komedo dan jenis jenisnya serta cara mengatasinya. Semoga informasi di atas bermanfaat💗💗

0 comments:

Post a Comment

KONSEP&TUJUAN

Konsep Konsep yang akan ditawarkan melalui blog tersebut adalah dengan membuat bahasa maupun desain blog menjadi menarik dan sekreatif mung...

 

pinkshe.co Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos